oleh

BNN  Provinsi Kep. Bangka Belitung Gelar Press Release Hasil Penyelidikan dan Pengungkapan Kasus Tindak Pidana Narkotika

Bagikan
Caption: Foto para tersangka pengedar Narkoba beserta barang bukti , Selasa (16/7)
Laporan wartawan okeybozz.com Biar M Yamin
OKEYBOZZ.COM , PANGKALPINANG, Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menggelar Press Release di Ruang Lobby Kantor BNNP Kep. Babel dalam hasil penyelidikan dan pengungkapan kasus tindak pidana narkotika, Selasa (16/7/2019) sore.
“Pada hari Senin tanggal 08 Juli 2019, pelapor mendapat informasi bahwa ada 1 (satu) orang penumpang pesawat di bandara depati amir yang diduga membawa narkotika, dengan penerbangan dari batam ke Pangkalpinang.
Kemudian sekira pukul 18.00 WIB Pelapor dan rekan Pelapor melakukan penyelidikan tentang kebenaran informasi tersebut.
Petugas BNN Provinsi Kep. Babel berkoordinasi dengan petugas AVSEC bandara. Sekira pukul 21.00 WIB Pelapor bersama rekan Pelapor dan petugas AVSEC melihat seorang laki-laki dengan gerak gerik yang mencurigakan dan memiliki ciri-ciri yang sama dengan informasi yang didapatkan tersebut dengan menunjukan surat perintah tugas dan mengamankan seorang laki-laki yang mengaku bernama Sdr ET, kemudian melakukan penggeledahan terhadap badan/pakaian tersangka dan kemudia Pelapor dan Tim Pelapor mengamankan 1(satu) orang laki-laki yang mengaku bernama Sdr MA dibandara Depati Amir Pangkalpinang yang akan menjemput Sdr ET diamankan dan dibawa ke kantor BNN Provinsi Kep. Bangka Belitung untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Dari hasil penangkapan tersebut disita barang bukti dari Sdr ET sejumlah 1 (satu) kardus besar yang berisi narkotika yang diduga jenis shabu dengan berat bruto kisaran 990 Gram.
“Sedangkan modus operandi ET membawa narkotika jenis shabu dari Batam ke Pangkalpinang menggunakan jalur udara dengan barang bukti jenis shabu dikemas disela dinding kotak sisi karton dan dilapisi plastic tertentu serta disamarkan dan ditutupi Snack makanan ringan didalam kotaknya. Dan rencananya akan diserahkan ke Sdr MA barang narkotika jenis shabu tersebut didaerah Pangkalpinang.
“Selanjutnya pada kasus yang sama, pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2019 sekira pukul 15.00 WIB, Pelapor dan Tim Gabungan Polda Kep. Bangka Belitung, BNN Provinsi Kep. Bangka Belitung, Bea dan Cukai Pangkalpinang, KSOP Cabang Muntok yang sebelumnya sudah berkoordinasi dan melakukan penyelidikan bersama-sama atas adanya informasi penyelundupan shabu dari Palembang melalui Pelabuhan Tanjung Siapi-Api  menuju wilayah Provinsi Kep. Bangka Belitung.
 Tim BNNP Kep. Bangka Belitung, Polda Kep. Babel, dan Bea dan Cukai Pangkalpinang langsung menuju ke Muntok, Bangka Barat dan melakukan penyelidikan.
Dari hasil penyelidikan, diketahui akan ada 2 (dua) orang pembawa Narkotika menumpang kapal feri KM Jembatan Musi I dari Pelabuhan Tanjung Siapi-api Palembang menuju Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, serta diketahui salah seorang diantaranya membawa motor matic.
Setelah berkoordinasi dengan KSOP Kelas V Muntok, Tim menunggu kapal dari Pelabuhan Tj. Siapi-api Palembang yang diperkirakan berangkat pukul 21.00 WIB. Setelah tim mendapatkan informasi mengenai target dan menunggu kurang lebih 4 (empat) jam, tim menyebar di dermaga pelabuhan.
Kemudian setelah kapal merapat/berlabuh dan bersandar sekira pukul 00.30 WIB di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Kab. Bangka Barat, tim gabungan mengamankan 2 (dua) orang laki-laki yang sudah dibuntuti sebelumnya dengan gerak gerik mencurigakan dan memiliki ciri-ciri yang sama dengan informasi yang didapatkan dari masyarakat tersebut.
Kedua laki-laki tersebut mengaku bernama Sdr. W dan Sdr. R kemudian dibawa ke kantor KSOP Kelas IV Muntok, Bangka Barat untuk dilakukan penggeledahan terhadap badan/pakaian, kendaraan/barang bawaan secara manual dengan langsung disaksikan petugas BNNP, Polda KSOP dan Bea Cukai, selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke kantor BNN Provinsi Kep. Bangka Belitung untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
“Dari hasil penangkapan tersebut disita barang bukti dari Sdr “W” sejumlah 5(lima) bungkus/kemasan teh china yang berisikan Narkotika yang diduga jenis shabu total 5.190 Gram.
“Adapun modus operandi “ET” membawa narkotika jenis shabu dari Palembang ke Pangkalpinang menggunakan kapal Penyeberangan jenis Roro yaitu Kapal feri KM Jembatan Musi I dari Pelabuhan Tanjung Siapi-api Palembang menuju Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, serta diketahui salah seorang diantaranya menbawa Motor Matic, Narkotika di bungkus dalam 5 bungkus sedang teh china sebanyak 5 bungkus dengan berat tiap bungkusnya kurang lebih satu kilo dan total barang bukti shabu yang dibawa pelaku sebanyak kurang lebih 5.190 Gram.
(Okeybozz.com/Biar M Yamin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed