oleh

Dekan Fak. Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Elli Nur Hayati, M.P.H., Ph.D., Psikolog : Design Pemerintah, Sekolah Ramah Anak Itu Seperti Apa , Ternyata Ini !!!

Caption foto : Dekan Fak. Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Elli Nur Hayati, M.P.H., Ph.D., Psikolog , (Ist).

Laporan wartawan okeybozz.com Adityawarman.

 

 

 

OKEYBOZZ.COM , PANGKALPINANG –
Pangkalpinang Babel ini dijadikan destinasi kami untuk dikunjungi, mempelajari sekolah ramah anak  disini seperti apa .

Karena di media cetak maupun online selalu berbicara tentang Pangkalpinang Babel, oleh karena itu tentang sekolah ramah anak , kami ingin tau lebih banyak  model perkembangannya seperti apa dan ingin mempelajarinya ,” kata Dekan fak. Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Elli Nur Hayati, M.P.H., Ph.D., Psikolog, saat mengunjungi SD Negeri 37 Pangkalpinang dalam rangka Penelitian Program Sekolah Ramah Anak , Kamis (8/8/2019).

Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan,

Diskriminasi dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.

Ini kajian awal kami di Bangka Belitung sejak Selasa (6/8) hingga Sabtu (10/8/2019) sambungnya kepada okeybozz.com yang proposalnya didanai aristek dikti untuk para dosen , nanti di tahun kedua di Timur  yaitu ke NTB (Nusa Tenggara Barat).

Pengalaman yang sangat berkesan yaitu awal kita datang masyarakatnya selalu tersenyum.

” Semua orang tersenyum , banyak senyum , begitu ramah ,” ujar Elli.

” kami ingin mengetahui belajar model sekolah ramah anak yang di kembangkan di Bangka itu seperti apa ,

 

Harapannya , karenakan pemerintah sudah punya konsep nya , sekolah ramah anak itu bagaimana ,

 

Hanya kita berfikir kenapa kami itu tidak belajar justru dari lapangan dulu, karena kan kalau top-down nya bisa saja siapa pun mendesign sekolah ramah itu harusnya begini – begini , tapi kan itu sangat  idealis ,

 

Maka dari itu kita turun kelapangan untuk mempelajari yang sudah di praktekkan oleh masyarakat sendiri itu apa ,” kata Psikolog Universitas Ahmad Dahlan ini.

 

Hasilnya nanti kita lihat apakah design pemerintah itu sebetulnya sesuai tidak dengan di lapangan . Ternyata kunci utamanya itu kan justru pada kepala sekolah dan komite sekolah , nanti nya ini kan sesuatu yang penting ,” jelasnya.

 

Lanjut , Tapi yang terpenting di lapangan itu kan para pelaksana nya ini , sehingga para pelaksana inilah kunci yang bisa menentukan ranah anak itu bisa tereksekusi itu seperti apa ,

 

Jadi kalau perlu indikator memang dari lapangan , sehingga selanjutnya itu nanti akan kita buat modelnya sekolah anak itu seperti apa , berangkat dari lapangan bukan dari konsep ,” pungkas Elli Nur Hayati.

(Okeybozz.com / Adityawarman)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed