oleh

76 Kepsek Kota Pangkalpinang Ikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah Lulus 100 %

Caption foto : Diklat Penguatan Kepala Sekolah Se-kota Pangkalpinang di Grand Puncak Lestari Hotel ,Sabtu (31/8/2019).

Laporan Wartawan okeybozz.com Adityawarman .

 

OKEYBOZZ.COM , PANGKALPINANG — Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan pelatihan penguatan Kepala Sekolah bagi Kota Pangkalpinang , Provinsi Bangka Belitung

Sebanyak 76 kepala sekolah mengikuti diklat Penguatan Kepala Sekolah yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan tersebut , mulai tingkat Paud , SD ,SMP dan SMU dari tanggal 26 Agustus hingga 1 September 2019 bertempat di Grand Puncak Lestari Hotel kota Pangkalpinang dengan hasil yang memuaskan Diklat Penguatan tersebut lulus 100%, Sabtu (31/8/2019).

Ketua K3S kota Pangkalpinang Siti Husna Spdi menuturkan , kegiatan ini sangat banyak sekali manfaatnya , terutama untuk menambah wawasan kepala sekolah.

” Sesuai dengan era yang sekarang untuk pengembangan dari 8 standard , setelah di adakannya calon kepala sekolah 2010, baru 1 kali di adakan penguatan , jadi untuk menyesuaikan keadaan yang dibutuhkan untuk memajukan pendidikan , meningkatkan kinerja kepala sekolah ,” Ungkap Siti Husna .

Di era sekarang , Tambahnya , amat sangat di butuhkan yang sekarang ini paling banyak penguatan TI .

Disini letak kelemahan kepala sekolah.
Jadi pengembangan kepala sekolah menjadi seorang pemimpin , yang milenial , sesuai dengan kondisi dimana guru-guru kita juga banyak yang PNS yang baru , menyesuaikan dengan situasi yang ada , kurikulum yang baru ,” Terangnya.

Kami sangat merasa berbahagia sekali di adakannya kegiatan ini , untuk penguatan karakter kepala sekolah ,” Lanjut Siti.

Untuk Regenerasi yang akan datang Mudah – mudahan adanya peningkatan mutu yang lebih baik untuk dunia pendidikan , agar bisa setara dan peningkatan dari segi akademik maupun pembentukan karakter anak bangsa untuk kedepannya ,” Harapnya.

Senada disampaikan Kepala SMPN 3 Pangkalpinang Agus Gatot Purwanto Spd , kegiatan ini wajib hukumnya untuk di ikuti oleh kepala sekolah .

” Permendikbud itu setiap kepala sekolah wajib memiliki sertifikat Diklat kepala sekolah , Jadi ibarat berkendaraan kegiatan ini SIM nya, Kalau tidak mempunyai itu terancam sertifikasi di cabut ,” Ucap kepsek yang biasa disapa Gatot ini.

Banyak ilmu yang berkaitan dengan pimpinan ( leader ) , ada yang menganalisis manajemen kepala sekolah , kurikulum . Yang dapat kami ketahui ,” Tambahnya.

Dengan harapan Kepala sekolah memiliki pengetahuan ,keterampilan yang cukup , untuk memimpin dan meningkatkan kualitas sekolah ,” Tutupnya.

Dikesempatan yang sama Kepala SDN 37 Pangkalpinang Suswani Spd mengatakan Kegiatan ini sangat banyak sekali manfaatnya , terutama bagi kepala sekolah ,

” karena disitu dari 8 standar yang dijelaskan , bagaimana kepala sekolah bisa menjadikan sekolahnya lebih berkualitas , dan kepala sekolah itu akan mengadakan perubahan – perubahan , agar kualitas pendidikan yang di pimpin nya menjadi berkualitas dan bermutu ,” Jelas Suswani.

” Bukan hanya di tingkat kota , provinsi tetapi bisa di tingkat nasional ,

Adanya perubahan pola sikap daripada semua kepala sekolah , kalau kepala sekolah berubah, sudah mempunyai pola pikir untuk maju , mereka akan merubah mandset kedepan ,” Kata Suswani

Setiap kepala akan melakukan perubahan , karena dengan kunci keberhasilan sekolah itu adalah 75% kepala sekolah .jika kepala sekolahnya kreatif in syaa Allah sekolah akan maju ,” Ucapnya .

Kita mengharapkan pendidikan di kota Pangkalpinang ini akan sama , atau pun tidak terlalu jauh berbeda dengan pendidikan di pulau Jawa ,” Pungkas Suswani .

(okeybozz.com / Adityawarman).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed