oleh

Dr. Ir Gusrina M.Si Katakan “Diklat Penguatan Kepala Sekolah” Diharapkan Kepala Sekolah Menjadi Pemimpin Serta Motivator

-Lokal-156 views
Bagikan

Caption foto : Dr. Ir Gusrina M.Si (Ist).

Laporan wartawan okeybozz.com Adityawarman.

 

OKEYBOZZ.COM , PANGKALPINANG —
Salah satu kebijakan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan , dimana dengan di berlakukannya Permendikbud nomor 6 di tahun 2018 ,

Seorang kepala sekolah yang di angkat , sebelum di berlakukannya Permendikbud bulan April 2018 lalu , wajib mengikuti Diklat Penguatan kepala sekolah .

Tetapi kepala sekolah yang di angkat setelah terbitnya Permendikbud tersebut wajib mengikuti Diklat calon kepala sekolah ,” Ucap Dr. Ir Gusrina MSi kepada okeybozz.com setelah menjadi widyasuara di acara diklat penguatan kepala sekolah yang diselenggarakan di Grand Puncak Lestari Kota Pangkalpinang ,dari tanggal 26 Agustus – 1 September 2019

Sementara lanjut , Dr. Ir Gusrina M.Si saat ini sebanyak 76 peserta dari kepala sekolah yang ada di Pangkalpinang ini , adalah pengangkatan SK kepala sekolah , sebelum di terbitkannya permendikbud nomor 6 tahun 2018 . Sehingga seperti mobil “seorang supir SIM nya harus di Update , lima tahun sekali” nah sekarang kebijakan dari kementrian seorang Kapala sekolah , juga harus di update pengetahuan nya , untuk bisa , apakah kompetensi yang di kuasai oleh seorang kepala sekolah masih , dikuasai oleh kepala sekolah tersebut ,” Ungkapnya.

 

Dengan tujuan , kami memberikan materi 71 jam ( dalam pola Diklat ) pelajaran , dalam arti selama 8 hari kerja , mulai dari kami datang sampai besok penutupan ,” Terang Gusrina.

Jadi kompetensi yang kami berikan sesuai dengan peraturan yang terbaru , ada kompetensi manajerial , karena dengan peraturan yang baru , kepala sekolah benar-benar fokus menjadi pemimpin di sekolah nya .

Dulu sebelumnya  kepala sekolah masih diberi 6 jam untuk mengajar tetapi berdasarkan fakta di lapangan bagi seorang Kepala Sekolah , agak sulit mengajar 6 jam setiap Minggu di kelas ,” Jelas Gusrina kepada okeybozz.com , Sabtu (31/8/2019) .

Sekarang hanya 3 fokus ( Aspek manajerial , Super visi akademik dan super visi tenaga kependidikan , dengan pengembangan kewirausahaan dan kepimpinan perubahan ) .
3 aspek ini harus di implementasikan oleh kepala sekolah ,” Harapnya.

Dengan harapan kepala sekolah menyadari betul , tugas pokoknya sesuai dengan Visi Misi kementrian , Dimana kami menginginkan kepala sekolah ini menjadi pemimpin , menjadi manager , supervisor , menjadi motivator disekolah , ” Pungkas Gusrina .

Agar sekolah nya itu terjadi peningkatan mutu pendidikan terkait dengan proses belajar mengajar sesuai dengan saat ini , dimana kita menginginkan terjadi perubahan yang sangat signifikan , dengan adanya perubahan teknologi , harus ada melakukan inovasi . Kepala sekolah itu mau dan mau berubah untuk menjadi lebih baik ,” Tutupnya.

(Okeybozz.com / Adityawarman )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed