oleh

Lomba B2SA Tingkat Babel di Gelar , Manggar Tuan Rumah Berlangsung Meriah

-News-133 views

OKEYBOZZ.COM , MANGGAR ,BELTIM — Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali digelar. Kota Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menjadi tuan rumah pelaksanaan lomba B2SA tingkat kabupaten/kota , Selasa, 03/9/2019).

Selain B2SA, digelar juga pameran diversifikasi pangan olahan dari tim penggerak PKK kabupaten/kota, gelar pangan daerah dan Gerakan Makan Sayuran, Buah, Umbi-umbian, Kacang-kacangan, dan Ayam Merawang atau yang disingkat GEMA SABUK AMANG yang diikuti 100 orang anak SD/MI se-Kabupaten Beltim.

Acara tersebut dilaksanakan dengan meriah dengan dihadiri organisasi perangkat daerah se-Babel, forkopimda se Babel, ratusan ibu-ibu Tim Penggerak PKK se Babel, para camat, kades dan undangan lainnya.

Sekda Provinsi Babel Yulizar yang membuka lomba tersebut mengatakan lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman dilaksanakan agar para ibu-ibu dapat lebih mengaplikasikan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman dalam menu makan sehari-hari di rumah.

“Melalui lomba ini juga bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat terutama menginovasi ibu-ibu untuk membuat bahan makanan, mulai dari beras hingga dari ubi-ubian, jagung dan sebagainya,” kata Yulizar.

Dijelaskan Yulizar, upaya atau gerakan ini sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan, umbi-umbian dan kacang-kacangan dalam rangka mewujudkan kecukupan pangan bergizi dalam pola komsumsi pangan masyarakat.

Dalam lomba cipta menu B2SA tingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini dimenangkan oleh tim dari Kabupaten Bangka dengan nilai 83,37. Kabupaten tersebut nantinya akan diikutkan dalam lomba cipta menu tingkat nasional.

Sedangkan juara 2 diraih Kabupaten Bangka Barat dengan memperoleh nilai 81,93. Juara 3 diraih Kabupaten Beltim dengan perolehan nilai 79,50.

Pemenang harapan I diraih Kabupaten Bangka Tengah, Harapan II diraih Kota Pangkalpinang, harapan III diraih Kabupaten Belitung dan harapan IV diperoleh dari peserta Kabupaten Bangka Selatan.

Usai membagikan hadiah kepada para pemenang, seluruh undangan menikmati sajian menu pangan lokal, bergizi dan seimbang, ada yang disajikan dengan makan bedulang, prasmanan hingga nasi kotak. (**)

(Okeybozz.com /Diskominfo/Adityawarman).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed