oleh

Afirah Risqi Fauzi ,Menjadi Pembaca Janji Siswa di Upacara Bendera SDN 3 Pangkalpinang

Foto : Kelas IV C SDN 3 Pangkalpinang menjadi Petugas Upacara di Sekolah. (Ist).

Laporan Wartawan okeybozz.com Adityawarman

OKEYBOZZ.COM ,PANGKALPINANG – Setiap hari Senin, di semua lembaga pendidikan –terutama sekolah-  dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai.

Di SDN 3 Pangkalpinang  dimana tempat Afirah Risqi Fauzi bersekolah ,  Upacara Bendera sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin.

Hari ini, Senin (16/9/2019) SDN 3 Pangkalpinang  yang beralamat di Jl. Tampuk Pinang Pura , kembali melaksanakan Upacara Bendera.

Kebetulan kelas Afirah  (kelas IV C) mendapat giliran menjadi petugas upacara. Pada hari ini, ada belasan orang dari peserta didik kelas IV C  yang terpilih menjadi petugas upacara. Mereka bertugas sebagai (1) pembaca tata upacara bendera (MC); (2) pengatur upacara; (3) pemimpin upacara; (4) pembawa teks Pancasila (ajudan); (5) pengibar bendera (3 orang); ( 6) pembaca UUD 1945; (7) pembaca doa; (8) konduktor/dirigen; dan (9)  pemimpin pasukan ,” (10) Pembaca Janji Siswa . Sementara yang belum terpilih menjadi petugas tersebut, bertugas sebagai tim paduan suara.

 

 

Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta , Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).

Wali kelas IV C ibu Arjuna Spd mengatakan kegiatan rutinitas upacara bendera  pagi ini dilakukan oleh petugas dari kelas IV C , sedangkan pembina upacara ibu Endang sw dan berjalan lancar.

” Upacara bendera kali ini kebetulan yang bertugas Kelas IV C , dan alhamdulilah berjalan lancar tanpa ada kendala , semoga dengan mereka menjadi petugas hari ini , menjadi karakter siswa lebih disiplin dan bertanggung jawab di masa yang akan datang ,” Kata Arjuna .

Petugas upacara Pembaca Janji Siswa  Afira Risqi Fauzi merasa sangat senang , mendapat tugas membacakan janji Siswa .

” Sebelum pelaksanaan upacara Afira bersama teman – teman latihan terlebih dahulu agar Upacara Bendera sukses.

Selain itu, dengan mengikrarkan janji berarti semua harus siap melaksanakan tugas dan tanggung jawab agar sekolah tempat kita menimba ilmu menjadi bermutu dan berprestasi ,” Ujar Afira.

(Okeybozz.com / Adityawarman )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed