oleh

Pemilik SPBU 24 331153 Izinkan Petugas Nozzle Isi Pertalite ke Jerigen

OKEYBOZZ.COM , SUNGAILIAT – Petugas SPBU 24 331153 Desa Pagarawan kecamatan Merawang kabupaten Bangka mengisi BBM Pertalite langsung ke jerigen dengan alasan BBM Pertalite bukan Subsidi Pemerintah.

Hal itu diakui Heri ( pemilik SPBU 24331153) kepada redaksi,
Menurut Heri BBM jenis Pertalite bukan merupakan barang subsidi pemerintah,

“Pertalite kan bukan bbm subsidi
Jadi dari spbu boleh isi ke jerigen”, terang Heri melalui pesan Whats App, Sabtu Malam (28/9).

Heri juga mempersilahkan awak media ke Pertamina untuk konfirmasi, padahal jelas Pertamina sudah melarang mengisi BBM ke jerigen plastik, yang dibolehkan Pertamina adalah ke jerigen terbuat dari logam.

“Untuk lebih jelas bisa langsung konfirmasi dengan pihak pertamina ya ,” terang Heri kembali.

Padahal jelas itu sudah melanggar SOP dari Pertamina karena jerigen plastik tidak boleh diizinkan, sebab terkait dengan segitiga api, yaitu BBM, panas dan udara cukup. Jeriken plastik juga ada yang bisa terpantik api.

Berikut peraturan tentang penggunaan jerigen di SPBU Pertamina:

1. SPBU hanya boleh menyalurkan Bahan Bakar Premium dan Minyak Solar (Bersubsidi / PSO) untuk penggunaan akhir dan menggunakan aman menjual Premium dan Minyak Solar pada kemasan / jerigen untuk dijual kembali ke konsumen.

2. Penjualan Bahan Bakar Khusus Jenis Bensin (Pertalite, Pertamax, Petamax Turbo) dapat dibeli menggunakan kemasan / jerigen yang dibuat dari bahan logam.

3. Penjualan bahan bakar Khusus Jenis Diesel Series (Pertamina Dex, Dexlite) dapat dijual dalam kemasan / jerigen yang terbiat dari bahan / bahan dari bahan logam atau bahan HDPE (High Density polyethylene) jenis termoplastik khusus.

Soleh (45) salah satu pembeli BBM jenis Pertalite juga merasa heran, mengapa petugas nozzle berani sekali mengisi langsung ke jerigen plastik, apalagi mobil pick up itu , mesinnya dibawah bak .

” saya merasa heran, mengapa petugas berani mengisi langsung ke jerigen plastik, padahal tidak boleh dan mobil bak itu kan posisi mesinnya di bawah bak dan kap depan, kalau jerigen bocor dan disaat mesin menyala, pasti kebakaran semua”, kata Soleh saat di lokasi SPBU 24 331153 Desa Pagarawan, Sabtu ( 28/9).

Sementara itu, Direktur Kriminal Khusus  Polda Kep. Bangka Belitung  Kombes Pol Indra Krismayadi atas seizin Kapolda Kep. Bangka Belitung akan meneruskan informasi tersebut kepada Kasat R
eskrim Polres Bangka untuk diambil tindakan tegas,

“Ok Pak terima kasih infonya,
akan kami terus kan Ke Kasat Reskrim Bangka Ya”, tegas Kombes Indra melalui pesan Whats App, Sabtu (28/9).

(Aditya).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed