oleh

227 Peserta Jamnas Meriahkan Bulan PRB

Okeybozz.com, Pangkalpinang – Sebanyak 277 peserta Jambore Nasional (Jamnas) yang terdiri dari 10 Provinsi Indonesia meriahkan Kegiatan Bulan Penanggulangan Risiko Bencana (PRB). Peserta memenuhi lapangan Pelangi Lake Resort Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dan mendirikan tenda-tenda di beberapa sudut.

Berbagai kegiatan pun dilaksanakan dalam Jambore Nasional Penanggulangan Bencana ini, yaitu materi tentang pembuatan jalur evakuasi, peran media sosial, penanaman pohon dan juga city tour dalam rangka visit Belitung.

Jamnas Penanggulangan Bencana direncanakan terlaksana setiap tahun, sebagai bentuk untuk pengurangan resiko bencana dan telah di inisiasi oleh BNPB sejak tahun 2014 lalu.

“Jadi kegiatan Jamnas Penanggulangan ini kami adakan di Belitung karena untuk mendukung bulan resiko bencana yang hari puncaknya di Bangka, sehingga bagimana dua bulan ini dapat berkiprah kami adakanlah Jambore ini di pulau Belitung,” ucap Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Pangarso Suryo Utomo, Kamis,(10/10/2019).

Kata Pangarso, Jamans tersebut dilaksankan sebagai bentuk ajang temu relawan untuk saling berinteraksi, berkomunikasi, peningkatan relawan serta sebagai bentuk penghargaan, memberikan langkah-langkah preventif serta untuk mencegah atau mengurangi resiko terhadap kejadian yang akan ada di masa yang datang.

“Karena relawan adalah agen perubahan bagi pembangunan berkelanjutan, yang berbasis pengurangan resiko bencana, mayoritas bencana alam yang terjadi di Indonesia, karena ulah manusia. Maka dari itu, kan, penting nya peran relawan dalam mitigasi bencana, dan merawat alam merupakan salah satu bentuk strategi dalam upaya mitigasi dalam menghadapi bencana nantinya,” jelasnya.(*/ana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed