oleh

BNPB Gelar Senior Disaster Management Training

Okeybozz.com, Pangkalpinang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusdiklat PB mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Senior Management Training. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Sollmarina, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (9/10/2019) tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku penanggulangan bencana.

Peserta yang ikut Training sebanyak 40 orang berasal dari BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia dan dilaksanakan pada tanggal 9-12 Oktober 2019. Dalam kegiatan ini BNPB melalui Pusdiklat PB telah menyusun berbagai kurikulum dan modul pelatihan penanggulangan bencana.

Dalam sambutanya Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Ir. Dody Ruswandi, menyampaikan bencana akan semakin meningkat disebabkan meningkatnya kerentanan, antara lain akibat perubahan iklim global, penurunan kualitas lingkungan, kondisi geografis, kemiskinan, rendahnya tingkat kesiapan masyarakat, pendidikan rendah, urbanisasi, dan pertumbuhan penduduk.

“Ini semua wajib menjadi perhatian kita bersama. Sudah banyak studi ilmiah yang menegaskan betapa pentingnya investasi dalam bidang kebencanaan dilakukan guna mengurangi potensi dampak bencana,” katanya.

Dia mengatakan, investasi ini tidak selalu berkaitan dengan soal infrastruktur dan besarnya dana, tetapi yang tak kalah krusial adalah pada peningkatan kapasitas manusia Indonesia dalam menghadapi bencana.

“Makin hari kita makin menyadari betapa benarnya pendapat tersebut. Itu sebabnya, BNPB memandang peningkatan kapasitas manusia dan institusi wajib digalakkan dengan lebih giat,” tuturnya.

Peningkatan kapasitas tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga daerah karena lebih memahami situasi di tempat masing-masing.

“BPBD dan instansi terkait di daerah, di bawah arahan kepala daerah yang menjadi ujung tombak dalam penanggulangan bencana. Aparat daerah adalah tim pertama yang memiliki kesempatan untuk merespon kejadian bencana secara cepat. Kapasitas yang baik dari aparat di daerah, dengan koordinasi yang memadai dengan aparat di tingkat nasional adalah kunci bagi keberhasilan penanggulangan bencana di daerah,” ujarnya.

Menyadari hal ini, dijelaskan Dody, BNPB secara berkelanjutan telah mengadakan pelatihan penanggulangan bencana baik di level pembuat kebijakan, managerial, maupun operasional.

“Adanya kurikulum dan modul pelatihan diharapkan membuat pelatihan BNPB memiliki standar yang sama meskipun diselenggarakan di daerah berbeda oleh pelatih dan fasilitator yang berbeda pula. Penyusunan kurikulum dan modul pelatihan dilakukan bersama dalam kelompok-kelompok kerja yang anggotanya meliputi BNPB, BPBD, TNI, lembaga donor internasional, serta NGO internasional,” terangnya. (*/ana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed