oleh

BPBD Tanam 5.000 Pohon Endemik dan Resmi Kelekak Nusantara

Okeybozz.com, Pangkalpinang – Sebagai rangkaian kegiatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional 2019, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melakukan penanaman bibit pohon sekaligus meresmikan Kelekak Nusantara, Sabtu (12/10/2019).

Penanaman bibit pohon jenis endemik ini dilakukan secara simbolis dengan dihadiri juga Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Walikota Pangkalpinang Maulana Aklil, Wakapolda, Danrem 045/Gaya, Dandim 0413/Bangka,dan diikuti tamu undangan lainnya.

Ada sebanyak 5.000 bibit dan 34 jenis pohon endemik di Indonesia yang ditanam di Bangka Belitung, tersebar di beberapa wilayah. Setelah selesai penanaman bibit pohon di area Bandara Depati Amir, dilanjutkan dengan peresmian Kelekak Nusantara yang berlokasi di Desa Terak, Kabupaten Bangka Tengah yang mana diresmikan langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.

“Seluruh peserta dari 34 provinsi membawa dan menanam pohon endemik daerah yang tersebar di Kabupaten Bangka Tengah termasuk di kelekak atau Kebun Nusantara Bukit Mangkol. BNPB bersama Pemerintah Provinsi Babel dan Kabupaten Bateng juga sudah menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk merawat tanaman endemik tersebut, seperti matoa, emboni, sagu dan tanaman lainnya,” ujarnya.

Menurut dia penanaman pohon endemik Indonesia di Kelekak Nusantara ini sebagai bentuk wadah pelestarian lingkungan, ekosistem, mencegah bencana, serangan hama tanaman pertanian dan lainnya.

“Dengan adanya peresmian Kelekak Nusantara ini nantinya hama tanaman pertanian seperti padi akan berkurang, karena tikus dan hama lainnya akan mencari makanan atau bersarang di dalam hutan kelekak ini,” ungkapnya.(*/ana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed