oleh

PAFI Babel Tuntaskan Anggota Yang Belum D3 Farmasi

Caption : Ketua  PD. PAFI Bangka Belitung , Sunar Nugroho Adiatmoko , SKM . MSi (Ist)

Laporan Jurnalis Okeybozz.com Adityawarman

Okeybozz.com , Pangkalpinang — Ditahun ini PD. PAFI mempersiapkan anggota untuk ikut RPL , agar anggota – anggotanya yang belum D3 farmasi  itu di tuntaskan , khususnya anggota PD. PAFI di SARANA PELAYANAN KESEHATAN  SWASTA , karena  di tahun 2020 , mau tidak mau , yang di bawah D3 Farmasi akan berubah status menjadi Asisten tenaga kefarmasian ,

Hal itu dikatakan  Ketua  PD. PAFI Bangka Belitung , Sunar Nugroho Adiatmoko , SKM . MSi dalam pidatonya di acara Seminar kefarmasian , yang mengangkat Tema ” kewenangan  Tenaga Teknis Kefarmasian Di Sarana  Kefarmasian ” yang digelar di Swiss Belhotel Pangkalpinang , Jl. Jendral Sudirman No. 56 , Kec. Taman Sari Kota Pangkalpinang kepulauan Bangka Belitung , Minggu (27/10/2019)

” Ditahun ini kami mempersiapkan anggota untuk ikut RPL , agar anggota – anggota Pafi yang belum D3 farmasi  itu di tuntaskan , khususnya anggota PD. PAFI di SARANA PELAYANAN KESEHATAN  SWASTA , karena  di tahun 2020 , mau tidak mau , yang di bawah D3 Farmasi akan berubah status menjadi Asisten tenaga kefarmasian ,” Kata Sunar Nugroho Adiatmoko , SKM . MSi

 

 

Dihadapan para narasumber Seminar Kefarmasian :
1.Ketua Umum Pengurus  Pusat PAFI Hj. MARYANI HADI, S.FARM, MKM, APT,
2. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung , drg Mulyono Susanto M.H.S.H ,
3. Balai POM Pangkalpinang Hermanto S.Si , Apt , MPPM.

Sunar Nugroho Adiatmoko , SKM . MSi menjelaskan , bahwa ini merupakan agenda rutin PAFI Babel , karena
PAFI  Babel tidak sendiri , kami butuh koordinasi ,  sinergi dengan temen – temen dan mitra – mitra kami  dipemerintahan Dinas Kesehatan kabupaten/ kota  maupun Balai POM .

” kegiatan ini merupakan Agenda rutin  PD . Pafi Babel yang memang diadakan setiap tahun , dalam 1 tahun , PAFI Babel bisa menyelenggarakan 2-3 kali kegiatan ,” Terang Sunar .

Ditahun ini kita mempersiapkan anggota untuk ikut RPL , kita focuskan disana , agar anggota -anggota kita yang belum D3 farmasi  itu kita Tuntaskan ,khususnya anggota PD. PAFI di SARANA PELAYANAN KESEHATAN  SWASTA , karena  di tahun 2020 , mau tidak mau yang di bawah D3 Farmasi akan berubah status menjadi Asisten tenaga kefarmasian ,” Katanya.

Alhamdulillah untuk tenaga PTK anggota PAFI Babel , ASN dibawah D3 farmasi hampir semua sudah selesai   dan  tinggal satu dari Belitung Timur yang pada kesempatan RPL Tahun ini sudah kita titipkan RPL Swasta ,

Kedua , Alhamdulillah RPL PAFI Babel  menembus  syarat yang tadinya harus ikut sebatas SMF (Sekolah Menengah Farmasi) dengan minimal  pengalaman kerja  lima tahun , ada beberapa orang dari kabupaten Belitung dan Belitung Timur mendapat izin dari Dinas Kesehatan  provinsi  dan PPSDN bisa mengikuti RPL Swasta ini ,” Ungkap Ketua PAFI Babel .

Kemudian , Kegiatan ini kami laksanakan merupakan kewajiban Pengurus Untuk memfasilitasi anggota guna mengejar kewajiban mengumpulkan SKP yang berkaitan nanti sertifikat kompetensinya , untuk PTK , SKP diwajibkan selama 5 tahun sedikitnya 25 SKP ,  sehingga selama 1 tahun itu hanya wajib mengumpulkan minimal 5 SKP , dimana dalam SKP tersebut , tidak hanya kegiatan  Pembelajaran seperti ini hanya SKP  – SKP lain yang juga harus dipenuhi , agar sertifikat kompetensi itu bisa diterbitkan dari PD. PAFI ,” Jelas Sunar .

Jadi yang Menerbitkan Sertifikat Kompetensi itu adalah Pengurus Pusat (PP) PAFI  atas laporan yang sudah  Verifikasi dari Pengurus Daerah (PD) PAFI

Kami sudah membuat pedoman untuk resertifikasi dengan melibatkan pihak – pihak yang terkait , yaitu yang punya anggota seperti PD. PAFI , jadi  tahun depan kita sudah melaksanakan pedoman tersebut ,” Tambahnya.

Hadir dikegiatan tersebut kepala Badai POM Provinsi Babel Hermanto , Kepala RSUP Ir.Soekarno  Bangka Belitung yang diwakili , kepala RSUD Depati Hamzah yang diwakili , Perwakilan Rumah Sakit  di Bangka Belitung , Serta pendiri  PAFI Babel , dan Peserta Seminar Kefarmasian (aditya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed