by

Diduga Sering Makan di Restauran, Salah Satu Dokter Siloam Terpapar Covid 19

Penulis : Septi Artiana || Editor : Adityawarman

OKEYBOZ.COM, PANGKALPINANG – Salah seorang dokter di Rumah Sakit Siloam dinyatakan positif Covid 19. Direktur RS Siloam Bangka Tengah, Eusebiusyuvens C. Waruwu mengatakan dokter positif covid-19 bukan terinfeksi karena menangani pasien, namun dicurigai karena seringnya pasien makan di restauran.

“Dokter ini sebenarnya, dia bukan seorang yang bertemu pasien, dokter tidak semuanya ketemu pasien. Dia ini mungkin saya lihat suka sekali makan di restoran, kita tidak tahu pasti. Mungkin berpapasan dengan orang, yang tidak diketahui sudah terpapar Covid-19,” jelas Eusebiusyuvens, Kamis (21/5/2020).

Menurutnya, Tim Gugus Tugas Covid 19 lebih berhak memberikan statmen terkait informasi tersebut.

“Kita punya dugaan seperti itu, karena dia tidak bertemu pasien dan staf kita selalu diskrining secara teratur, kadang bisa tiga kali,” tuturnya.

Ia mengimbau agar masyarakat ikuti aturan pemerintah untuk tidak kumpul-kumpul dan berada dikeramaian saat pandemi Covid-19 ini.

Ia menjelaskan pihak rumah sakit melakukan swab bagi para dokter secara acak, dan kebetulan dokter yang sekarang menjadi pasien Covid 19 dinyatakan positif.

“Begini baru-baru ini kita baru mendapatkan UTM untuk tes swab. RS Siloam menawarkan swab untuk masyarakat dengan harga tertentu. Dikarenakan hal itu, kebetulan ada yang mau swab dan saya juga mau uji coba hasilnya seperti apa. Maka saya pilih salah satu secara acak (dokter terinfeksi covid-19-red) untuk di-swab. Kebetulan hasilnya positif,” jelasnya.

Setelah hasil tersebut didapatkan, pihak RS Siloam langsung melaporkan hal tersebut kepada Dinas Kesehatan Bangka Tengah sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Pemeriksaan swab tersebut pada tanggal 16 Mei 2020 dan hasil keluar tanggl 19 Mei 2020 langsung kita laporkan ke dinas setelah hasil keluar,” tuturnya.(Sp1)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed