by

Baznas Basel Dan Provinsi Salurkan Sembako Dan Uang Tunai Hasil Zakat ASN Untuk Kaum Parkir Miskin Dan Dhuafa Sebanyak 2.017 Jiwa

Penulis : Ruli Syahadan

Okeyboz.Com – Toboali

OKEYBOZ.COM, TOBOALI – Virus Corona atau Covid-19 terus merebak dan mewabah di sebagian wilayah Indonesia, tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi kep. Bangka Belitung, hal ini menjadi perhatian oleh seluruh pihak, apalagi saat ini Kabupaten Bangka Selatan masih berstatus sebagai zona kuning.

Melihat kondisi tersebut, pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Selatan bekerjsama dengan Baznas Provinsi kep. Bangka Belitung ikut andil dan berpartisipasi dalam menyalurkan dana zakat para ASN kepada pakir miskin dan kaum dhuafa sebanyak 2.017 jiwa kepada yang berhak menerimanya di delapan (8) Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bangka Selatan dengan total dana yang dikeluarkan sebesar Rp.806.800.000. (delapan ratus enam juta delapan ratus ribu rupiah).

Rincian bantuan tersebut dikeluarkan meliputi Baznas Bangka Selatan sebesar 400.000.000 (empat ratus juta) untuk 1.000 mustahiq dengan mendapatkan sembako dan uang tunai 200.000 perorang dan untuk Baznas Provinsi Babel sebesar 406.800.000 (empat ratus enam juta delapan ratus ribu rupiah) untuk 1.017 mustahiq dengan mendapatkan sembako dan uang tunai 200.000 dengan nilai yang sama.

Pembagian sudah mulai dilakukan selama 15 hari di mulai sejak tanggal 05/05/20 lalu hingga 20/05/2020 kemaren di setiap Kecamatan dan Desa, yang mana saat Pembagian dihadiri langsung pimpinan Baznas Provinsi, perwakilan Kesra Basel, Kemenag Basel serta dibantu personil pol PP Bangka Selatan pada saat mendistribusinya menggunakan mobil bantuan Dinsos Basel kepada warga yang berhak menerimanya.

“Untuk wilayah pembagian di bagi menjadi 2 kategori yaitu Baznas Bangka Selatan meliputi Kecamatan Toboali, Tukak Sadai, Lepong dan pongok sedangkan Baznas Pronvinsi Babel meliputi Kecamatan Air Gegas, Payung, Simpang Rimba dan Pulau Besar. adapun tujuan kegiatan tidak lain tiada bukan hanya untuk membantu warga kita, khususnya kaum pakir miskin dan kaum dhuafa yang terasa dampak ekonominya, karena kita ketahui bahwa dampak Covid-19 ini sangat terasa dan dapat melumpuhkan berbagai aktivitas dan perekonomian warga Basel,” ucap Ketua Baznas Bangka Selatan, Drs. Harly Syafri kepada Okeyboz.Com. kamis malam, 21/05/2020.

Diterangkannya pula khusus untuk penyaluran kecamatan lepong dan kepulauan Pongok itu dibantu oleh camat setempat untuk dibagikan langsung nantinya kepada para mustahiq yang didampingi Kades dan Polsek setempat khususnya di dua kecamatan kepulauan tersebut.

“Jadi khusus kecamatan lepong dan kepulauan Pongok kita minta bantu sama pak camatnya untuk dibagikan disana dengan dibantu polsek dan Kades setempat untuk mendistribusikan bantuan sembako dan uang tunai tersebut, harap maklum dengan jaraknya, kita dari pihak Baznas Kabupaten dan Provinsi Babel mohon maaf belum bisa kesana semoga tidak mengurangi rasa hormat kami kepada warga penerima disana dan ucapan terimakasih,” terangnya.

Harly menambahkan bahwa beras kami langsung beli ke para petani Desa Rias sebanyak 20 ton lebih dengan harapan para petani terbantu karena beras petani memang kualitasnya bagus tidak kalah saing dengan beras yang ada jual ditoko-toko.

“Adapun sembako tersebut berisi Beras 10 kg, Gula 1 kg, Minyak goreng,
Terigu segitiga biru 1 kg, Susu kaleng bendera, Mie goreng, Ikan kaleng, Kecap botol, Saos dan Teh kotak sariwangi serta diberikan uang tunai juga sebesar 400 rb perorang” ujarnya.

Dengan adanya bantuan ini, Harly berharap dapat meringankan beban masyarakat yang memerlukan di saat kondisi krisis akibat penyebaran wabah Covid-19 ini, khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Bangka Selatan serta bantuan sembako berasal dari zakat ASN yang di Basel maupun yang ada di Provinsi Babel.

“Karena itu Baznas kabupaten maupun provinsi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gubernur Babel dan Bupati Basel yang selama ini memberikan dukungan kepada lembaga Baznas dalam rangka melaksanakan tugasnya karena saat ini, sumber zakat memang masih berkisar dilingkungan ASN, akan tetapi kita juga berharap kedepan para dermawan lainnya dapat menyerahkan zakat hartanya melalui Baznas Bangka Selatan atau provinsi untuk disalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan,” tutupnya. (ruli)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed