by

Mencari Sekolah Terbaik, Tim Verifikasi Faktual Kantor Bahasa Kunjungi SMP Negeri 2 Pangkalpinang

Septi Artiana

OKEYBOZ.COM, PANGKALPINANG – SMP Negeri 2 Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk nominasi 10 besar Peraih Penghargaan Wajah Bahasa Tingkat Nasional. Dengan begitu tim verifikasi faktual wajah Bahasa kunjungi SMP Negeri 2 untuk melakukan seleksi sekolah terbaik.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yani Paryono mengatakan penghargaan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui Penghargaan Wajah Bahasa. Menurutnya, wajah bahasa harus tercermin di dunia pendidikan karena bahasa merupakan cermin berfikirnya Bangsa Indonesia.

“Bahasa Indonesia adalah bahasa negara dan sudah layaknya kita memartabatkan bangsa,” tuturnya saat pembukaan kegiatan verifikasi faktual nominasi 10 besar Peraih Penghargaan Wajah Bahasa Tingkat Nasional di aula SMP Negeri 2 Pangkalpinang, Senin (12/10/2020).

Menurutnya lagi, peserta didik di tingkat SMP cukup matang untuk mengenal secara utuh penggunaan bahasa negara dengan baik dan benar di ruang publik. Misalnya, adanya sekolah terlibat di ajang penghargaan tersebut.

“Jadi pada pendidikan letaknya para calon masa depan bangsa, diharapkan wajah bahasa negara ini dapat tercermin melalui pendidikannya,” tuturnya.

Pihak kantor Bahasa Babel sendiri melakukan pembekalan kepada sekolah-sekolah untuk membenahi wajah bahasa di lingkungannya, termasuk kepada SMPN 2 Pangkalpinang.

“Masuknya SMPN 2 Pangkalpinang dalam 10 nominasi Peraih Penghargaan Wajah Bahasa Tingkat Nasional ini juga tidak luput dari dukungan Dinas Pendidikan Pangkalpinang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Edi berharap agar SMP Negeri 2 masuk dalam enam sekolah hasil penilaian tertinggi, sehingga hadiah dana pembinaannya dapat digunakan memperbaiki wajah bahasa di ruang publik atau di sekolahnya.

Bisa masuk dalam nominasi 10 besar ini juga sudah menjadi kebanggaan sebab SMPN 2 Pangkalpinanang menjadi 10 terbaik dari 130 sekolah se Indonesia yang layak ikut lomba penghargaan tersebut,” ujarnya.

Ia berharap dalam lomba Penghargaan Wajah Bahasa Tingkat Nasional ini SMPN 2 Pangkalpinang bisa menjadi nominasi yang terbaik dari daerah lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed