by

UN Resmi Diganti, Kadisdik : Merdeka Belajar

Eddy sebut merdeka belajar

OKEYBOZ.COM, PANGKALPINANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, resmi mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN) mulai tahun 2021.

Nantinya, Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Eddy Supriadi, menyambut baik hal tersebut.

“Saya pikir itu sesuatu hal yang baik bagi peserta didik, sebab assessmen melihat keterampilan numerik, literasi dan karakter serta sejauh mana sarana dan prasarana di sekolah begitu juga kompetensi guru baik dari organisasi sekolah maupun Dinas Pendidikan,” ujar Eddy kepada OkeyBoz.com, Selasa (13/10/2020).

Dikatakan Kadisdik, UN pada dasarnya memiliki tolak ukur pada beberapa mata pelajaran saja dengan menitik beratkan kepada ilmu pengetahuan yang lebih banyak kesisi kognitif, seperti daya ingat. Namun, tidak sampai ke analisis aplikatif dan implementasi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed