by

Data Terkini  Covid -19 Provinsi Kep. Babel, Rabu 11 November 2020

Penulis : Adityawarman

OKEYBOZ.COM, PANGKALPINANG – Informasi mengenai situasi dan perkembangan terkini penanganan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Perlu digarisbawahi dan ditegaskan *bahwa penanganan pandemi Covid-19 adalah kerja dan tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, penanggulangan bencana nonalam ini musti dilakukan dengan saling bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi*. Tanpa itu, upaya kita bersama dalam mengatasi pandemi ini tidak akan berhasil dan maksimal.

Kondisi dan adaptasi kebiasaan baru saat ini tak boleh membuat kita lalai dan lupa diri, bahkan abai terhadap Covid-19. Sebaliknya, menjadi motivasi bagi kita semua masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk terus menjaga soliditas dan merawat solidaritas termasuk menanggalkan ego sektoral dalam ikhtiar bersama memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 maupun kesiapsiagaan menanggulangi pandemi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Prayitno (ABP) kepada okeyboz.com melalui rilisnya, Rabu (11/11/2020).

Dalam rilisnya Andi menjelaskan, Adalah fakta bahwa selama vaksin Covid-19 belum ada dan dinyatakan tersedia maka kemungkinan dan potensi penularan Covid-19 akan terus terjadi, dan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri saat ini penularannya tidak lagi didominasi oleh kasus impor _(imported case)_, namun sudah terjadi kasus transmisi lokal _(local transmission)_ yang cukup banyak. Hal ini musti menjadi perhatian kita semua agar lebih peduli dengan meningkatkan kewaspadaan dini. *Masyarakat tak boleh lengah, namun jangan pula panik, harus tetap awas, waspada dan peduli*.

Pastikan bahwa pada setiap kesempatan kita selalu disiplin dalam menerapkan *Trilogi Protokol Kesehatan Covid-19 yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan/keramaian, dan mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer (3M).*

*Selalu ingat, pesan ibu:*
_“MASKERMU MELINDUNGI AKU, MASKERKU MELINDUNGI KAMU. KITA SALING MELINDUNGI”._

Kecuali itu, semangat optimisme dan _”positive thinking”_ musti digelorakan, sebagaimana motto: _”Yang sakit harus sembuh, yang sehat harus tangguh”_.

*A. INFORMASI TENTANG HASIL PEMERIKSAAN TES RAPID (RDT) DAN TES SWAB (PCR)*

*1. UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung*

*a. Tes Rapid (RDT)* _update_ 11 November 2020
– Pemeriksaan RDT : 33
– Hasil Reaktif           : 1
– Hasil Non Reaktif  : 32

*b. Tes Swab (PCR/Polymerase Chain Reaction)* _update_ 10 November 2020
– Pemeriksaan PCR : 219
– Hasil Positif            : 52
– Hasil Negatif          : 165
– Inconclusive           : 2
– Invalid                     : 0

*2. Laboratorium Biologi Molekuler Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang* _update_ 10 November 2020
– Pemeriksaan PCR : 14
– Hasil Positif            : 2
– Hasil Negatif          : 12
– Inconclusive           : 0
– Invalid                     : 0

*B. INFORMASI TENTANG _UPDATE_ KASUS COVID-19*

Berikut disampaikan *_update_ kasus Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu 11 November 2020,* yaitu:

– Dinyatakan selesai isolasi & bebas Covid-19   : *585* (bertambah 3)
– Meninggal dunia konfirmasi Covid-19   : *8*
– Dalam isolasi/perawatan   : *161* (bertambah 48 – berkurang 3)
– Kumulatif kasus konfirmasi   : *754* (bertambah 48)

dengan detail sebaran:

– Pangkalpinang   : *210* (bertambah 2)
– Bangka                 : *220* (bertambah 5)
– Bangka Tengah   : *164* (bertambah 37)
– Bangka Barat       : *58*
– Bangka Selatan   : *13* (bertambah 1)
– Belitung                : *71* (bertambah 1)
– Belitung Timur    : *18* (bertambah 2)

*C. INFORMASI TENTANG ORANG YANG SELESAI ISOLASI DAN DINYATAKAN BEBAS DARI COVID-19*

Disampaikan bahwa *4 (empat) orang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan bebas dari Covid-19,* yaitu:

*1. T-K-J, 57 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Pesona, Jelitik, Sungailiat, Bangka.*

Menurut ABP, Berdasarkan riwayat, pada 15 Juli 2019 yang bersangkutan melakukan operasi pemasangan ring jantung (stent) di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJP) Harapan Kita Jakarta. Masuk ke RSUD Depati Bahrin Bangka dengan keluhan dispepsia (maag) disertai komorbid penyakit jantung. Dari tes rapid pada 30 Oktober 2020 diperoleh hasil reaktif, dari hasil tes swab PCR TCM dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Termasuk dalam kategori kasus transmisi lokal. Sejak 30 Oktober 2020 menjalani karantina dan perawatan di Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Depati Bahrin Bangka.

*2. Z-A/Pasien 1624, 61 tahun, perempuan, beralamat di Kampung Damai, Tanjung Pandan, Belitung.*

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan adalah kontak erat suaminya (B-S) yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19 dan dinyatakan meninggal dunia pada 8 November 2020. Dari hasil tes swab PCR TCM pada 1 November 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Termasuk dalam kategori kasus transmisi lokal. Sejak 1 November 2020 menjalani penanganan dan isolasi di Wisma Isolasi SKB Belitung.

*3. F-O/Pasien 1605, 36 tahun, laki-laki, berdomisili di Kurnia Jaya, Manggar, Belitung Timur.*

Berdasarkan riwayat, F-O melakukan perjalanan dari Dubai, Uni Emirat Arab, ke Jakarta, daerah terjangkit dan episentrum Covid-19, kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Belitung, tiba pada 15 Oktober 2020. Pada 16 Oktober 2020 yang bersangkutan mengeluh sakit tenggorokan dan kemudian berobat di salah satu klinik kesehatan di Belitung Timur, lalu pada 25 Oktober 2020 yang bersangkutan datang ke RSUD dr H Marsidi Judono Belitung dengan keluhan dan gejala klinis sakit tenggorokan dan batuk berdahak disertai hilang/berkurangnya sensitivitas indera pengecapan atau perasa dan indera penciuman. Dari hasil tes swab PCR TCM pada 26 Oktober 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Termasuk dalam kategori kasus impor. Mulai 26 Oktober 2020 menjalani swaisolasi di salah satu hotel di Tanjung Tinggi, Sijuk, Belitung; sejak 1 November 2020 menjalani karantina dan perawatan di Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Belitung Timur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed