by

Gubernur Erzaldi Terima Penghargaan Pemda Terbaik Melindungi Konsumen

OKEYBOZ.COM, CIBUBUR – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terpilih menerima penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik Peduli Perlindungan Konsumen. Dari 34 provinsi di Indonesia, Pemprov. Babel termasuk ke dalam enam provinsi terbaik dalam melindungi konsumen.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menerima penghargaan ini sekaligus menghadiri pelaksanaan puncak acara Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2020 dengan tema ‘Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju’ yang dilaksanakan di Trans Studio Mall, Cibubur, Jawa Barat, Kamis (12/11/20).

Atas kepercayaannya, Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman diundang oleh Kementerian Perdagangan RI untuk menerima penghargaan pemerintah daerah terbaik peduli perlindungan konsumen bersama lima provinsi terpilih lainnya yaitu, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Beberapa aspek yang menjadi penilaian, di antaranya, ketersediaan anggaran bidang perlindungan konsumen dan tertib niaga di daerah, peran aktif dalam pemberdayaan konsumen dan edukasi, pelaksanaan kegiatan standarisasi dan pengendalian mutu, pelaksanaan kemeterologian (tertib ukur), pelaksanaan kegiatan pengawasan peredaran barang, pelaksanaan kegiatan tertib niaga, dan ketersediaan pelaporan tiap kegiatan perlindungan konsumen.

“Konsumen memiliki hak yang perlu dilindungi pemerintah termasuk oleh pelaku usaha. Melalui Disperindag, beberapa program di Babel terus dilakukan untuk memberikan hak-hak konsumen,” ungkap Gubernur Erzaldi ditemui usai menerima penghargaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed