by

Kejuaraan Pencak Silat Tanamkan Jiwa Pendekar

OKEYBOZ.COM, MANGGAR — Sebanyak 9 perguruan pencak silat di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengikuti Kejuaraan Pencak Silat se-Kabupaten Beltim  Tahun 2020 di Aula Kantor Camat Manggar, Jumat (13/11).

Tema yang diangkat dalam kejuaraan tersebut yaitu “Memupuk Nasionalisme dengan Kearifan Budaya” dan “Pencak silat sebagai wadah silahturahmi pemersatu bangsa”.

Kejuaraan pencak silat dibuka resmi Sarjono selaku Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemkab Beltim dan dihadiri Ketua DPRD Beltim Fezzy, Ketua KONI Beltim Santo dan Plt. Camat Manggar Fitri dan ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Beltim Sunarjo dan ketua perguruan pencak silat se Beltim.

Santo selaku ketua KONI Beltim mengatakan pencak silat merupakan  warisan budaya bangsa Indonesia dalam perkembangannya telah berhasil mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia baik dalam lingkup regional maupun internasional. Hal itu karena menyangkut aspek seni budaya, aspek mental spiritual, aspek bela diri dan aspek olahraga.


“Pencak Silat merupakan warisan budaya Indonesia sehingga pelestarian seni beladiri ini tidak hanya oleh IPSI saja tetapi juga seluruh elemen masyarakat,” kata
Santo dalam sambutannya.

Sebagai warisan leluhur yang bersifat positif, kata Santo, pencak silat menjadi jati diri bangsa Indonesia dan sudah sepantasnya jika pencak silat diajarkan di usia dini serta kepada generasi muda penerus bangsa demi menjaga kelestarian pencak silat itu sendiri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed