oleh

Cegah Korupsi, Pemprov Babel Perkuat Sinergitas Antar Lembaga

OKEYBOZ. COM, PANGKALPINANG – Tindak pidana korupsi merupakan kejahatan yang dapat merusak tata kelola pemerintahan. Dalam upaya untuk mereduksi praktik-praktik yang berpotensi merusak sistem tersebut, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memiliki strategi dengan penguatan dan sinergitas antar lembaga dan meningkatkan kapasitas institusi pengawasan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto pada kegiatan Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi Terintegrasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bertempat di Rumah Dinas Gubernur, Selasa (06/04/2021).

Peningkatan kompetensi bagi APIP ini dilakukan dengan melalui berbagai kegiatan pendidikan, pelatihan, pembinaan dan pengawasan serta melaksanakan strategi anti-fraud sebagai langkah pencegahan dalam penanganan fraud.

“Edukasi pencegahan korupsi telah dilakukan melalui berbagai kegiatan sosialisasi bertemakan gratifikasi, saber pungli, penanganan benturan kepentingan, juga termasuk pentingnya kepatuhan dalam melaporkan harta kekayaan melalui LHKPN dan LHKASN,” ujar Naziarto.

Terkait akuntabilitas, hal tersebut merupakan agenda penting bagi Pemprov Babel, sehingga pencegahan diutamakan dan mendahulukan tata kelola yang baik. Karena hal tersebut akan berdampak kepada kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan.

Oleh Karena itu, Naziarto menyampaikan bahwa Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat sebagai aparat internal pemerintah yang harus fokus ke pencegahan dan perbaikan tata kelola pemerintahan. Sinergi antar lembaga pun menjadi perhatian Sekda, dimana lembaga internal perlu melakukan sinergi dengan lembaga eksternal.

Baca Juga  Babinsa 03/Kelapa Dampingi Tim Kesehatan Laksanakan Test Swab Warga

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed