Menjaga Tradisi, Melestarikan Adat Suku Mapur *PT Timah Tbk Ngujem Tiang Kampung Adat Gebong Memarong di Dusun Air Abik

Bagikan

OKEYBOZ.COM, BANGKA – Adat istiadat merupakan perajalanan yang tak terpisahkan dari budaya Indonesia. Untuk itu adat istiadat harus terus dilestarikan sehingga tak tergerus dan hilang dalam perkembangan zaman.

Adat istiadat kerap diidentikkan dengan kearifan lokal masyarakat atau local wisdom yang tumbuh dari kebiasaan dan tradisi masyarakatnya. Untuk melestarikan kebudayaan dan tradisi suku mapur yang menjadi suku tertua di Pulau Bangka PT Timah Tbk bersama Lembaga Adat Mapur melakukan gerakan untuk melindungi, melestarikan, dan mencintai kebudayaan Indonesia yang ada di Bangka Belitung.

Gerakan ini diawali dengan Ngunjem Tiang Kampung Adat Gebong Memarong. Memarong merupakan sebutan bagi rumah adat orang lom, yang merupakan salah satu program pelestarian budaya Mapur yang dilakukan oleh PT Timah Tbk di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Kamis (19/5/2022).

Ketua Lembaga Adat Mapur Asih Harmoko, menceritakan mereka sudah lama berniat untuk membangun memarong, namun masih terkendala beberapa hal. Namun dengan dukungan penuh dari PT Timah Tbk mereka bisa merealisasikan keinginan ini.

“Rencananya kami akan membangun enam unit memarong, dimana empat unit itu berupa penginapan tradisional, satu unit berupa galeri kerajinan dari masyarakat kami dan satu unitnya lagi berupa balai pertemuan dan satu unit yang ada ini nanti akan dipergunakan untuk museum. Jadi pas untuk tujuh bubung,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *