Selesai Dibangun Tahun 2021, IPLT Bangka Selatan Tak Difungsikan

Bagikan

Caption : Bangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) milik  kab. Bangka Selatan yang berlokasi di jalan Baher, Payak Ubi, Kecamatan Toboali.

Laporan : Rio  //  Editor : aditya.

OKEYBOZ.COM, TOBOALI  —   Bangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) pemkab Bangka Selatan yang berlokasi di jalan Baher, Payak Ubi, Kecamatan Toboali telah selesai dibangun pada tahun 2021 lalu, bahkan bangunan itu langsung diresmikan Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, pada Rabu (17/11/2021).

Namun hingga kini belum juga dipergunakan sebagaimana mestinya.

Entah kenapa ? Bangunan yang dalam mesin hitungan kalkulator  miliyaran rupiah menguras kocek negara tersebut, tak juga difungsikan.

Belum diketahui secara pasti penyebab bangunan IPLT kab. Bangka Selatan (Basel) itu belum juga dimanfaatkan.

Apakah karena kurangnya perlengkapan  penggunaan cara konvensional untuk mengelola lumpur tinja atau pengelolaan secara mekanik yang terkendala dengan mesin.

Padahal jika sudah difungsi dan dikelola dengan baik, bisa menghasilkan uang jutaan rupiah per bulan dari hasil pengolahan lumpur tinja itu, seperti yang dilakukan kabupaten dan provinsi lain, yang seperti diharapkan kab. Bangka Selatan.

Pantauan media ini dilokasi pada, Sabtu (18/7/2022) kondisi IPLT kab. Bangka Selatan (Basel) itu sangat menyedihkan, selain terbengkalai, Bangun yang sebelumnya sudah lama selesai pada tahun 2021 itu, belum difungsikan, sehingga menjadi bangunan yang terkesan mubazir, dan juga kondisi itu diperparah banyaknya tumbuhan dan pohon liar yang memenuhi bangunan dan pekarangan IPLT itu, terlihat tak terawat.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Kepulauan Bangka Belitung   (Babel) Miarka Risdawati, ST.,M.S belum berhasil dikonfirmasi media ini.

Sementara saat ditemui, petugas keamanan dikantornya mengatakan bahwa kepala Balai belum bisa ditemui, dan berdalih sedang zoom meeting.” Ibu tak bisa ditemui, karena sedang zoom meting dengan kementerian pusat,” ujar Dika Sanjaya, dari nama yang tertulis dibaju seragam miliknya.

Sekedar informasi, bahwa Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) merupakan pengolahan air limbah yang dirancang hanya menerima dan mengolah lumpur tinja yang berasal dari sistem setempat (on site) yang diangkut melalui sarana pengangkut lumpur tinja.

Keberadaan suatu IPLT dinilai sangat penting mengingat lumpur tinja tidak boleh langsung di buang ke badan air, dikarenakan mengandung pencemar organik yang tinggi

Selain itu, kandungan Nitrogen dan Posfor pada lumpur tinja ini jauh lebih tinggi dibandingkan pada air limbah domestik. (OB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *