Atasi Defisit Anggaran, Gubernur Erzaldi Dorong Efesiensi dan Optimalisasi Potensi Pendapatan Daerah

Berita, Headline, Lokal, News1,757 views
Bagikan

OKEYBOZ.COM, PANGKALPINANG – Pandemi Covid-19 membuat semua sektor ekonomi mengalami perlambatan. Semua sektor terdampak sehingga berbagai kebijakan refocusing maupun restrukturisasi dilakukan untuk menyelamatkan masyarakat dari keterpurukan. Imbasnya tidak lain pasti berpengaruh kepada pendapatan daerah. Sehingga mau tidak mau dilakukan berbagai tindakan efesiensi khususnya belanja pada operasional pemerintahan.

Terkait hal tersebut, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan bahwa, dirinya beserta jajaran terus melakukan efesiensi belanja daerah dengan melakukan berbagai pengurangan dana belanja serta mengoptimalkan potensi pendapatan daerah dari setiap Perangkat Daerah (PD).

“Saya ingin persiapan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 sudah berjalan dan tentunya prioritas di PD masing-masing sudah disusun.Bagi yang sudah selesai dan sudah diproses di Bappeda Babel selanjutnya kami akan diskusi agar dapat segera menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Pemerintah Daerah,” ujar Gubernur Erzaldi saat membuka Kegiatan Rapat Pimpinan Untuk Analisa dan Evaluasi Percepatan Penyerapan APBD dan APBN Tahun 2021 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Rapat Pasir Padi, Selasa (13/7/2021).

Pada kesempatan yang sama orang nomor satu di Babel ini meminta kerja sama dan kebesaran hati berbagai pihak agar melakukan penghematan karena kondisi kritis ini harus dilalui bersama.

Penghematan ini menurutnya akan berpengaruh juga pada pendapatan ASN di lingkungan Pemrov. Babel. Dijelaskannya wacana ini memang tidak dapat dihindari mengingat sudah diterbitkannya surat dari Kementerian Dalam Negeri RI nomor 900/4141/Keuda tanggal 6 Juli 2021 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Kepada ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Semester Kedua Tahun Anggaran 2021.

“Sehubungan dengan kondisi daerah, pemerintah pusat meminta kita untuk melakukan refocusing, jadi langkah efesiensilah yang harus diterapkan.Tentu saja kondisi kritis saat ini harus menjadi perhatian sehingga di berbagai level pun harus kita efesienkan. Kita harus selalu bersyukur apapun kondisinya,” ajaknya memotivasi ASN.

Langkah efesiensi ini memang menjadi langkah prioritas mengingat kondisi keuangan tahun 2021 defisit. Kepala Badan Keuangan (Bakuda) Pemprov. Babel, Fery Afriyanto mengatakan, kondisi ini dikarenakan turunnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) baik dari pendapatan pajak daerah, retribusi daerah, serta pendapatan lain-lain yang sah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *