Dulunya Ada Lapangan Terbang Di Koba, Ini Sejarahnya.

Bagikan

Penulis : Kulul Sari

OKEYBOZ.COM, KOBA,– Koba, merupakan ibu kota kabupaten Bangka Tengah provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Letaknya yang cukup strategis, membuat Koba menjadi kota persinggahan antara Pangkalpinang dan Toboali /Sabang. Tak heran bila Koba tidak bisa dilepaskan dari kisah-kisah masa kolonial dan kemerdekaan.

Ada hal yang tidak pernah diduga dan di bayangkan oleh sebagian besar penduduk Koba khususnya dan Bangka tengah umumnya. Bahkan mungkin banyak yang tidak tahu dan tidak menyangka bila dulu di kota dengan motto Selawang Segantang ini ada landasan lapangan terbang selain di Mentok dan Belinyu. Ketiga landasan pesawat terbang itu sudah ada sebelum bandara Depati Amir di bangun. Hmmm…dimana letaknya ya ? Berikut penyusuran kami.

Bila kita ke kota Koba, diarah jalan raya menuju Pangkalpinang akan kita jumpai SMP Negeri 1 Koba. Nah…menurut informasi yang kami terima, disini dulu ada lapangan bola yang cukup besar dan tentu selalu menjadi tempat latihan para penggemar bola kala itu.

“Waktu tu tahun 1997, kami maen bola di smp 1 Koba.
Kami tu maen e dibelakang, gawang besar khusus orang besak. Disitu banyak besi-besi tue bediri yang sering kami jadikan gawang khusus kami budak-budak. Iseng lah ku betanyak kek orangtue yang maen bola disitu, besi ape ni. Dijawablah bahwa besi itu bekas lapangan pesawat terbang. Ku lah lupa dulu ku nanya ke siape“, ungkap Zaya Setiawan, penduduk desa Arung dalam ke media ini Rabu (16/9/2020)

Zaya pun sebenarnya merasa kurang yakin dengan perkataan orangtua itu. Tapi justru hal ini membuat ia semakin penasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *