Melalui Amatir Radio, Kak Melati Menjawab Siap Dorong Generasi  Muda Untuk Kuasai Teknologi Komunikasi

Bagikan

OKEYBOZ.COM, BELITUNG – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi berkesempatan melakukan QSO perdana melalui Stasiun Kwarcab Belitung (YH4JJC) dengan Sekretaris Jendral Kwartir Nasional Pramuka (Sekjen Kwarnas), Mayjen (Purn) Bachtiar Utomo.

“Yankee Hotel Zero Juliet, di sini Yankee Hotel Four Juliet Juliet Charlie. Selamat sore kakak-kakak salam pramuka laporan, diterima di Belitung, bagaimana laporan pancaran kami? Yankee Hotel Zero Juliet Yankee Hotel Four Juliet Juliet Charlie, ganti,” ucap Kak Melati menjawab amatir radio.

“Terdengar jelas”, saut Sekjen Kwarnas Bachtiar, lanjut menanyakan kabar dari pengurus dan anggota Kwarda Babel.

Kwarda Babel menjadi salah satu Kwartir Daerah yang terpilih dari 34 provinsi di Indonesia untuk melaksanakan QSO perdana, bersama dengan Kwarda Jambi dan Sumatera Selatan. Sayangnya, dari ketiga Kwarda yang terpilih itu, hanya Kwarda Babel yang berhasil menjawab panggilan Sekjen Kwarnas Bachtiar.

QSO atau sebuah aplikasi Voice Over IP yang digunakan para Amatir Radio untuk berkomunikasi dengan menggunakan media Internet yang disambungkan ke Gateway Radio Komunikasi 2 Meter band atau di UHF ini, menjadi media dalam kegiatan Pramuka.

QSO perdana itu dilakukan Kwarda Babel Melati Erzaldi, usai mengikuti pembukaan JOTA (Jamboree On The Air) Nasional ke-84 dan JOTI (Jamboree On The Internet) ke-42 secara virtual dari stasiun Jota/Joti Nasional, Kwarcab Belitung, Jumat (15/10/2021).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *