Harga TBS Dibawah Rp1000, Pemerintah Pusat Diminta Segera Hadir Sikapi Jeritan Petani Sawit

Bagikan

OKEYBOZ.COM, PANGKALPINANG– Petani kelapa sawit terus menjerit diakibatkan Harga Tandan Buah Segar (TBS) terus anjlok. Menyikapi itu, Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Heryawandi menuntut kehadiran negara atau pemerintah pusat menyelesaikan persoalan persawitan di daerah, termasuk di Babel.

Hal tersebut diutarakan Heryawandi yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Babel, dikarenakan menurut dia harga TBS saat ini tidak lagi sebanding antara harga jual dengan produksi dan perawatannya.

“Kita menuntut negara ini untuk hadir, khususnya pemerintah pusat menyelesaikan masalah persawitan di Babel ini,” katanya kepada wartawan dengan nada kesal, Kamis (07/07/2022).

Ia menegaskan kelapa sawit merupakan pertanian kategori ekonomi rakyat. Mayoritas masyarakat di pedesaan bermata pencaharian utama dari berkebun kelapa sawit. Karenanya, dengan merosotnya harga beli TBS di tingkat petani membuat perekonomian rakyat memburuk.

“Soal sawit ini, semakin memperparah kondisi ekonomi masyarakat Bangka Belitung. Karena kelapa sawit ini sudah menjadi kategori perekonomian rakyat yang mayoritas di pedesaan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *