Rapat Banmus Bahas Aktivitas Pendidikan “New Normal” dan Program Bibit Lada

Berita, Headline, Lokal, News2,999 views
Bagikan

Terkait dengan program bibit lada yang viral, Kepala Dinas Pertanian Prov. Kepulauan Babel, Juaidi menjelaskan program bantuan bibit lada sudah dimulai sejak 2017, hal ini dikarenakan memang tahun itu Babel menjadi klaster lada putih nasional, sedangkan untuk bibit didukung melalui anggaran APBN.

Kadis Pertanian Juaidi menambahkan bahwa dari 2017, mengalami perluasan area yang semula 350 hektar tersebar tiga kabupaten, namun 2018 mengalami peningkatan tersebar di enam kabupaten dengan luas sebanyak 600 hektar, namun tahun ini penyesuaian dengan Covid-19 masih 300 hektar. Satu hektar diberikan bantuan bibit sebanyak 1.600 batang, hal ini dijelaskan sesuai dengan pedoman Dirjen Perkebunan.

Mengenai target, proses distribusi bibit jika sudah disertifikasi, syaratnya sumber bibit dari pohon induk atau kebun induk yang ditetapkan Kementerian Pertanian RI. Dinas Pertanian Prov. Kepulauan Babel selalu mengawasi dan memeriksa dengan Kementerian Pertanian RI terkait proses verifikasi ini. Distribusi dibatas waktu tujuh hari, untuk dilakukan klaim bibit rusak, mati, atau cacat. Ketika lewat dari tujuh hari maka sudah lewat masa pengawasan, apabila bibit sudah ditanam itu sudah jadi tanaman.

“Calon penerima bantuan bibit ini mengusulkan melalui proposal dan diverifikasi kabupaten, kalau tidak masuk database maka tidak bisa diakomodir, kita sangat hati-hati dalam penetapan calon peserta,” ujarnya.

Kadis Pertanian Juaidi mengatakan bahwa pihaknya ingin mengatasi degradasi penurunan luas lahan lada, pembinaan dan pola pengembangan akan didorong melalui korporasi dalam satu kawasan dan dimanajemen satu operasional. Pemupukan, hingga penanaman pasca panen dilakukan secara terpadu sehingga lebih baik ke depan dan membuat kebun lada percontohan dengan menggunakan junjung tanaman hidup, serta pemantauan kebun akan disiasati dengan mewajibkan tenaga JFT turun ke lapangan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *