Kabupaten Beltim Canangkan Gerakan Indonesia Membaca

Election, Headline, Lokal1,390 views
Bagikan

OKEYBOZ.COM, MANGGAR – Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca (GIM). Asisten III Bidang Administrasi Umum Zuryanti memukul gong menandai pencanangan GIM Tingkat Kabupaten Beltim tahun 2020, di Auditorium Zahari MZ, Rabu (23/12/20).

          Penyelenggaran Pencanangan GIM diharapkan dapat meningkatkan komitmen pemerintah serta kesadaran masyarakat untuk meningkatkan literasi secara berkesinambungan.

          “Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat untuk mendukung gerakan literasi masyarakat. Mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan jumlah melek huruf dan mendorong  peningkatan budaya baca masyarakat,” ungkap Ketua Panitia Pencanangan GIM, Kristian Ajie.

Kepala Bidang PAUD dan DIKMAS Dindik Beltim itu menyatakan dalam kegiatan pencanangan ini juga dilaksanakan Penyerahan Draft Peraturan Bupati Beltim tentang Gerakan Literasi Kabupaten dan Rencana Aksi Daerah Gerakan Literasi Kabupaten Beltim Tahun 2021 – 2024 kepada Bupati Beltim.

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai komitmen Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim sebagai leading sector gerakan literasi nasional, untuk kemudian dibahas bersama stakeholder terkait dan akan disesuaikan dalam RPJMD Tahun 2021 – 2024, sehingga menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Strategis SKPD Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim tahun 2021 – 2024,” kata Ajie.

Selain itu, Bupati Beltim menyerahkan buku bacaan secara simbolis kepada perwakilan peserta didik pada jenjang PAUD, SD dan SMP serta warga belajar Program Kesetaraan Paket C pada PKBM dan perwakilan Paguyuban Orang Tua. Hal ini dimaksudkan bahwa melalui GIM tingkat Kabupaten Beltim, diharapkan mampu untuk memberikan motivasi yang positif dalam peningkatan minat baca tidak hanya di sekolah, tetapi di lingkungan keluarga dan masyarakat.

“Kita juga sekaligus melaksanakan penyerahan Donasi Buku oleh Bank Sumsel Babel Cabang Manggar dan PT. Timah Wilayah Produksi Belitung.  Bantuan ini adalah merupakan bentuk nyata kepedulian dari sektor dunia usaha dan dunia industri untuk kemajuan dunia pendidikan dan literasi di Kabupaten Beltim,” ujar Ajie. (*)

Editor : Aditya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *