Benarkah Sosial Media Berdampak Insecure Terhadap Generasi Millenial Bangka Belitung

Bagikan

Mengingat inilah fase yang sangat penting bagi perkembangan emosional dan psikososial mereka dimasa depan.

Secara teoritis, perasaan insecure dalam diri remaja itu berbeda-beda tergantung dengan penyebab yang membuat mereka merasa insecure, oleh karenanya kita perlu mengetahui penyebab insecure itu sendiri, seperti sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain, merasa menjadi beban yang tidak mempunyai manfaat, tidak bisa lari dari kejadian masa lalu atau bahkan bisa juga karena over thinking. Jika remaja berada dalam kondisi tersebut, maka hal yang sering dirasakan adalah rasa cemas dan rasa takut yang cenderung berlebihan yang dapat membuat remaja merasa bahwa dirinya tidak berguna bagi orang lain.

 

Permasalahan itu akan semakin besar apabila mereka terus memikirkan hal tersebut secara berlebihan yang justru membuat pikiran kemana-mana dan akhirnya terjebak dalam perasaan insecure.

Praktek-praktek kehidupan seperti itu sangat banyak terjadi dalam pergaulan komunikasi di media sosial dan secara nyata berdampak pada perilaku insecure dikalangan remaja. Akibatnya banyak remaja yang tidak mampu menghargai diri sendiri, kesulitan dalam bergaul dan yang paling fatal yakni, membenci diri sendiri hingga melakukan hal-hal yang dapat menyakiti diri sendiri.

Hal inilah yang membuat media sosial bisa menjadi sangat sensitive, cenderung toksik dan berdampak kurang baik bagi kesehatan mental.

Saskhya Aulia Prima, seorang Psikolog Anak dan Remaja menyatakan bahwa “dikalangan remaja, media sosial bisa menjadi suatu tantangan yang sangat berat. Mereka dihadapkan pada kehidupan teman-teman yang seakan-akan lebih baik dari mereka.

Oleh karena itu, salah satu langkah penting yang perlu dilakukan untuk membangun kepercayaan diri, terutama di era digital dimana standar gaya hidup banyak dipengaruhi oleh tren di media sosial, adalah dengan rutin melakukanĀ self-careā€.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *