Alasan Kuat Ketua Dekranasda Babel Jaga Kearifan Kain Cual Babel

Berita, Headline, Lokal, News4,792 views
Bagikan

Di Rumah Pengrajin Tenun Cual Lestari yang khas dengan bangunan rumah adat Belitung, Ketua Melati menyampaikan perhatiannya kepada kain cual ini. Dirinya tak ingin mendengar klaim bahwa cual terancam punah.

“Sebagai pengrajin yang terampil, Ibu-ibu harus berbagi ilmu sama anak muda. Supaya kerajinan ini tidak punah. Lakukan kaderisasi. Tapi tetap diingat kualitas kain ini juga harus dijaga, agar berdaya saing tinggi,” tegasnya.

Tak hanya itu, pada kesempatan yang sama Ketua Dekranasda Melati menyerap aspirasi para pengrajin. Berdasarkan informasi dari Wakil Bupati Belitung, Isyak Maerobi yang menyampaikan bahwa alat tenun atau Gedogan yang dimiliki Pengrajin Tenun Cual Lestari sudah rusak karena sudah lama tidak digunakan akibat dampak pandemi Covid-19, sehingga produksi tenun cual kurang maksimal.

Mengetahui permasalahan yang dialami, Ketua Indonesian Council Small Business (ICSB) Babel ini berdiskusi dengan Pemprov. Babel melalui Bidang Pengembangan Sumber Daya Fasilitasi Akses Industri Disperindag Babel permasalahan keterbatasan alat yang dialami akan segera diatasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *