Program PPM PT Timah, Pokdakan Selepuk Indah Panen Udang Galah

Berita, Headline, Lokal, News3,517 views
Bagikan

Septi Artiana

OKEYBOZ.COM, BANGKA BARAT – Budidaya perikanan menjadi salah satu sektor yang dilakukan PT Timah untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Salah satunya, ialah budidaya udang galah yang dilakukan oleh Pokdakan Selepuk Indah di Desa Air Lintang, Kecamatan Tempilang, Bangka Barat.

Melalui CSR PT Timah Tbk Pokdakan Selepuk Indah telah menebar ribuan ekor bibit udang galah. Bibit udang galah didatangkan dari Sukabumi dan Yogyakarta. Pasalnya, untuk bibit udang galah belum ada di Bangka Belitung.

Dari ribuan bibit yang ditebar sekitar tujuh bulan lalu, kini Pokdakan Selepuk Indah berhasil memanen puluhan kilogram udang galah yang mereka budidayakan dengan berbagai tantangan yang dihadapi. Tidak semua, udang galah mereka panen, beberapa mereka gunakan sebagai indukan sehingga nantinya bisa menghasilkan bibit udang galah sendiri.

Ketua Pokdakan Selepuk Indah, Muslimin mengatakan dari bantuan CSR PT Timah ini mereka terbilang berhasil membudidayakan udang galah. Udang galah yang dipanen memiliki ukuran cukup besar. Pokdakan ini membudidayakan udang galah dengan membuat pakan sendiri dan juga mendapatkan pendampingan dari penyuluh perikanan yang bekerjsama dengan PT Timah Tbk.

“Hasilnya lumayan, sebenarnya bisa lebih dari ini cuma kemarin ada kendala air laut masuk ke sini, terus listrik belum masuk jadi kita enggak bisa membuat gelembung air. Dengan segala keterbatasan ini terbilang berhasil. 1 kg itu sekitar 20 ekor udang galah, lumayan besar-besar,” katanya saat panen perdana beberapa waktu lalu.

Diakui Muslimin, udang galah memiliki nilai ekonomis tinggi dan banyak peminat. Bahkan tak jarang warga datang ke tempat mereka untuk membeli udang galah, hanya saja udangnya belum bisa diproduksi dengan banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *