Inovasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi

Bagikan

 

Untuk meningkatkan kualitas sekolah maka sebagai kepala sekolah harus memahami dan memenuhi kelima kompetensi tersebut.

Sebagai pemimpin sekaligus manejerial di satuan pendidikan kepala sekolah harus inovatif dengan  melaksanakan  5 inovasi  berikut ini .

  1. Inovasi Kurikulum

Agar kualitas akademis dan psikis peserta didik seimbang maka kepala sekolah melakukan penyesuaian  kurikulum yang sudah ada dengan kondisi peserta didik dan kondisi satuan Pendidikan. Kepala sekolah memadukan juga ilmu agama dengan pengetahuan akademik sehingga dapat memberikan nilai positif  bagi peserta didik.Nilai  Penguatan Pendidikan karakter terealisasi dalam ilmu pengetahuan sehingga ada keseimbangan ilmu dan karakter peserta didik.

 

  1. Inovasi Pengelolaan Fasilitas

Kepala sekolah mempunyai kewajiban dalam pengelolaan fasilitas.Pengelolaan  dilakukan dengan mengadakan kerjasama  ( MOU ) antara pihak sekolah dengan orangtua peserta didik ( komite), Sekolah dengan Dudi, Stake holder dan instansi pemerintah maupun perusahaan swasta. Kerjasama yang dilakukan untuk mendapatkan sarana dan prasarana berkualitas seperti  : Pembangunan Gedung , Taman Bacaan , Laboratoriun  dan perangkat teknologi informasi serta berbagai kebutuhan sekolah.

  1. Inovasi Keuangan

Konsef inovasi keuangan yang bisa diterapkan oleh kepala sekolah adalah Self Managing School ( Prof. Dr H. Nanang Fattah , M.Pd )bahwa kepala sekolah dalam melaksanakan inovasi keuangan tidak sendiri tetapi melibatkan  satu staf khusus untuk mengatur pengelolaan keuangan sedangkan di dalam pembelanjaan barang tersebut diserahkan kepada pendidik atau staf lainnya sehingga tercipta rasa kepercayaan pendidik maupun staf kepada  kepala sekolah. Inovasi  yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut  akan tercipta  open manajemen yang baik.

 

  1. Inovasi Pembelajaran

Untuk mendapatkan lulusan yang berkualitas kepala sekolah harus berkoordinasi dengan para pendidik dalam menerapkan strategi pembelajaran di kelas menjadi inovatif .Kepala sekolah juga menerima keluhan yang disampaikan pendidik serta mecari solusi dengan melakukan supervisi kelas dan menindaklanjuti dengan melakukan pembimbingan di KKG / MGMP, merekomendasi  pendidik tersebut untukmengikuti  diklat di LPMP maupun Di Dindikbud Kota maupun Provinsi.

 

  1. Inovasi Pengelolaan Murid dan Guru.

Inovasi ini sebaiknya dilakukan saat Penerimaan Peserta Didik Baru(  PPDB ) dan Guru baru.Dalam  PPDB sebaiknya  kepala sekolah Bersama dewan  guru  mengadakan pertemuan dengan wali  murid untuk membahas dan  memetakan kelebihan / kekurangan peserta didik tersebut. Pendekatan juga dilakukan saat merekrut guru baru yaitu melakukan secara profesional melalui  pembinaan dan pelatihan sehingga guru tersebut dapat menyampai ide – ide untuk mendukung program Kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah.

Inovasi Kepala sekolah merupakan ide  baru untuk mencapai tujuan atau memecahkan masalah tertentu yang terjadi di sekolah juga  dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan prestasi sekolah .

Kepala sekolah merupakan orang yang mempunyai kafasitas lebih dalam menentukan arah dan tujuan sekolah menuju kesuksesan dan berprestasi melalui inovasi – inovasi yang diaplikasikan di Satuan Pendidikan.Kepala sekolah akan dianggap sukses jika output/ hasil di Satuan Pendidikan yang dipimpinnya dapat dihargai masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *