Resmikan Kampung Lebah Madu Teran, Gubernur Erzaldi Juga Sampaikan Bantuan

Berita, Headline, Lokal, News1,524 views
Bagikan

OKEYBOZ.COM, KELUBI – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman berkunjung ke Kawasan Hutan Lindung Dusun Bira Desa Kelubi, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Rabu (20/10/2021) untuk meresmikan Kampung Lebah Madu Teran sebagai kawasan produksi Madu Trigona yang dikenal dengan sebutan madu kelulut.

Kampung Lebah Madu Teran pun resmi menjadi kampung pengelola Madu Trigona, setelah Gubernur Erzaldi memukul genderang berulang kali.

Tidak hanya meresmikan, Gubernur Erzaldi juga menyerahkan bantuan alat Rapid _Honey Bee Dehumidifier_ kepada Komunitas Manggar Berdaya untuk mengontrol produksi madu yang dipasarkan dengan _brand_ Raje Teran Belitong.

Sejarah dari Kampung Lebah Madu Teran, pada mulanya hanya komunitas kumpul-kumpul dan mempunyai kesamaan hobi. Kesamaan nasib karena pasaran Madu Teran atau Madu Kelud tidak laku dipasaran, kemudian berinisiatif membentuk komunitas atau sekumpulan orang ini untuk bangkit hingga sekarang.

Hanya beranggotakan 15 orang, hasil produksi hanya 15 kg madu perbulan, saat ini mulai berkembang menjadi 115 orang anggota. Pada Juli 2021 produksi mereka mencapai 2 ton. Kemudian terus berkembang sampai 200 orang anggota, sekarang produksi madu sudah lebih dari 4 ton/bulan.

Pihak Kecamatan Manggar mempunyai peran besar atas perkembangan dari komunitas ini dengan melegalkan mereka dengan dasar hukum hingga mengeluarkan SK Komunitas Manggar Berdaya dengan produk Madu Raje Teran Belitong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *