Pemprov. Kep. Babel Toreh Prestasi, Bawa Pulang KPPU _Award_ Pratama

Bagikan

Penghargaan KPPU _Award_ 2023 dengan Kategori Persaingan Usaha Tingkat Daerah, Tingkat Pratama diberikan kepada Pemprov Sumatera Utara, Pemprov DKI Jakarta, Jawa Timur, Pemprov Kep. Babel, dan Pemprov Banten. Tingkat Madya diberikan kepada Pemprov Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Pemprov Kaltim. Kemudian untuk Tingkat Utama diberikan kepada Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Menutup laporannya, Ketua KPPU Hafif Hasbullah menyampaikan tiga strategi yang ditekankan KPPU guna meningkatkan indeks persaingan usaha. Pertama, melalui penerbitan Peraturan Presiden untuk strategi nasional persaingan usaha sehat. Kedua, melalui harmonisasi dan penataan regulasi pusat dan daerah dalam mengurangi hambatan berusaha dan masuk ke pasar, serta mengurangi biaya ekonomi tinggi terutama di daerah-daerah yang masih rendah tingkat persaingan usahanya.

 

Dan ketiga, melalui pemberian kesempatan lebih besar kepada pelaku usaha daerah terutama skala menengah kecil dalam sektor _real estate_ dan jasa konstruksi melalui perubahan regulasi terkait pengadaan barang dan jasa. (*)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *