Manfaatkan Potensi Alam, SMPN 3 Satu Atap Sungaiselan Olah Produk Kerajinan dari Pelepah Pohon Nipah

Bagikan

“Ini sangat kreatif ya. Kita akan coba kolaborasikan bersama Dekranasda Bangka Tengah untuk kita jadikan binaan. Kita juga akan berikan pelatihan agar kerajinan ini bisa hadir di pasaran dan memiliki nilai jual sehingga kita harapkan ini mampu mengangkat ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Eva juga berharap kegiatan ini terus dilakukan dan menjadi minat para siswa sehingga mampu menjadi pilihan sebagai potensi untuk pengembangan usaha baru.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Satap Sungaiselan, Hastri mengungkapkan bahwa kerajinan Nipah ini dibuat dengan memanfaatkan potensi alam yang ada di Dusun Pangkal Raya, Kecamatan Sungaiselan.

“Awalnya banyak minat siswa kita dibidang kerajinan sehingga kita terdorong untuk membuat suatu kerajinan dengan memanfaatkan bahan yang mudah kita temui di daerah kita ini, dan kita pilih pelepah pohon Nipah sebagai bahan untuk membuat tas, taplak meja, dan karya lainnya juga,” ujar Hastri.

Ia mengatakan, semua karya ini tak lepas dari bantuan pemerintah sehingga SMPN 3 Satap Sungaiselan memiliki kesempatan untuk mengembangkan kerajinan hasil karya para siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *