Griya Timah PT Timah Jadi Saksi Gerakan Pemuda Pulau Bangka, Jadi Lokasi Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-96

Bagikan

Setelah itu, salah satu organisasi atau badan perjuangan rakyat adalah Angkatan Pemuda Indonesia (API) yang keanggotaannya terdiri dari kalangan pemuda dibentuk. Organisasi ini dicetuskan oleh tokoh-tokoh pemuda di Pangkapinang seperti Ismail Ali yang didukung teman-temannya.

Selain API, para tokoh masyarakat membentuk barisan yang disebut Gerakan Rakyat Indonesia. Tujuan kedua barisan ini sama-sama menjaga keamanan Bangka dari gangguan pihak musuh.

“Pembentukan Pemuda Indonesia dan Gerakan Rakyat Indonesia tersebut dilaksanakan di tempat yang mana kita menggelar upacara hari ini, yang sekarang menjadi Griya Timah, Milik PT Timah Tbk,” ucap Budi Utama.

Budi juga mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah mendukung meminjamkan tempat untuk digelar upacara Hari Sumpah Pemuda, kata dia ini bukan yang pertama kalinya PT Timah meminjamkan asetnya untuk kegiatan bersejarah.

“Kami memang mencari yang berbeda dan Griya Timah merupakan salah satu bangunan yang bersejarah untuk pergerakan kepemudaan. Kita kirim surat dan PT Timah luar biasa meresponnya, ini dua kali kita pinjam tempat bersejarah disetujui semua,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *